Saturday, January 5, 2013

Instalasi Filezilla Client

FileZilla atau FileZilla Client, adalah salah satu software FTP gratis, open source, dan cross- platform.

Fitur utama dari Filezilla adalah :
  1. Site manager (Manajer situr) Mengizinkan pengguna untuk membuat daftar situs FTP beserta data koneksinya, seperti nomor port yang akan digunakan, protokol yang digunakan, dan apakah akan menggunakan log anonim atau normal. Untuk log normal, nama pengguna dan kata sandinya tersebut akan disimpan. Penimpanan kata sandi adalah opsional.
  2. Message log (Log pesan) Ditampilkan di bagian atas jendela. Fitur ini menampilkan output berjenis konsol (console-type) yang menunjukkan perintah yang dikirim oleh FileZilla dan respons yang diterima dari server.
  3. File and folder view Ditampilkan di bawah pesan log (Message log), menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka untuk FTP. Pengguna dapat menavigasi folder dan melihat dan mengubah isinya pada komputer lokal dan server dengan menggunakan tampilan antarmuka gaya Explorer. Pengguna dapat men-drag dan drop file antara komputer lokal dan server.
  4. Transfer queue (Transfer antrian) Ditampilkan di sepanjang bagian bawah jendela, menunjukkan status real-time setiap antrian atau transfer file yang aktif.

Filezilla ini berguna sebagai perantara / penghubung antara file yang ada dikomputer kita secara offline buat diupload di website online kita. Sebagai contoh, kalau kita ingin mengupload software SLIMS / Senayan, kita tinggal menguploadnya melalui software ini.

Berikut ini cara instalasi filezilla portabel


1. Klik software instalasi  filezilla

 

 2. Klik next



3. Browse di mana letak filezilla akan ditempatkan



4. Instalasi Filezilla sedang berjalan, tunggu sampai selesai, kemudian klik next



5. Filezilla selesai diinstal



6. Buka software filezilla



7. Tampilan software filezilla




Demikian tutorial sederhana cara menginstal filezilla. Selamat mencoba dan feel free to ask. We'll learning together :)

No comments:

Post a Comment