Monday, January 30, 2017

Tips Ngirit Mbolang ke Kuala Lumpur Part 1

Its been long time....Vakum beberapa waktu dari mbolang (cie gitu), berasa ada yang kurang ya ternyata, hahaha. Sudah hampir setahun sejak terakhir dari Belitung terus off sementara waktu gegara mondok di rumah sakit. Kecapekan kali ya. 
Sebenarnya, niat mau mbolang itu sudah sejak lama. Tapi ya itu, kalau gak waktu yang mendukung, uang sakunya yang tipis. Semua berawal sejak negara api menyerang saat break penilaian profesi, temenku tiba-tiba nyeletuk kalau ada tiket promo dari Airasia ke manapun. Pada awalnya sih, mau ke s'pore, tapi ga jadi gegara mikir nginepnya mahal setelah lihat website pemesanan hotel, hahaha (gamau rugi). Akhirnya, kita milih ke Kuala lumpur. Biaya di sana lebih murah lah daripada di s'pore (ya walaupun ga lebih murah dari sini juga sih, sebel. hahaha). Setelah fix, baru deh beli tiket untuk berlima untuk perjalanan tahun ini. Iya, itu belinya tahun kemaren, which is mean beberapa bulan sebelum pergi. Saking lamanya, sampai kadang kalau ketemu temen suka nanya kapan berangkatnya. -_- 
Tips #1 belilah tiket untuk penerbangan jangka menengah / jangka panjang, jangan dadakan. Manfaatkan tiket promo dari maskapai penerbangan. Sangat worth it :)
Singkat cerita, beberapa minggu sebelum berangkat, ada tambahan personil 1 lagi, dan kita baru nyari hotel buat nanti menginap.

Tips #2 carilah hotel yang dekat dengan tempat transportasi umum seperti stasiun krl misalnya. Jadi lebih memudahkan kalau mau kemana-mana. Selain menghemat ongkos, bisa menghemat waktu juga. Psstt, sesuaikan dengan budget juga ya :)

H-3 sebelum berangkat, masing-masing sudah menshare itin nya masing-masing. Hal ini tentu untuk merancang jadwal kita mau kemana aja, menghemat waktu karena kita bisa menjangkau yang lebih dekat dengan tujuannya. Selain itu juga untuk mengestimasi pengeluaran sehingga bisa tahu uang saku berapa yang harus dibawa.
Tips #3 Sering-seringlah browsing untuk mencari destinasi yang menarik di tempat tersebut, cara ke sana, dan biaya yang dikeluarkan termasuk tiket masuk kalau ada. Tukar uang sebelum berangkat, karena lebih murah tukar di money changer terdekat daripada di bandara ataupun di tempat tujuan
Tips #4 Download peta offline tempat tujuan di gmap. Kalau perlu, download juga google trips. Aplikasi tersebut berisi menu reservations (data pesanan hotel maupun tiket pesawat yang kamu pesan yang terhubung melalui email *kalau pesennya pake email ), things to do (berisi tempat wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi di sana), saved places, day plans (berisi contoh ittinerary saran dari google lengkap dengan jarak tempuh), food and drink, getting around, dan need to know. Menurut aku, aplikasi tersebut cukup membantu sih dalam menyusun itin dan saat nyasar trus nyari jalan.






 Pada hari H, kita janjian untuk ketemu di bandara. Aku berangkat naik damri dari gambir pada pukul 07.30 untuk keberangkatan jam 10.10 . Selain untuk mengantisipasi kalau macet, untuk mengantisipasi juga waktu saat proses imigrasi.
Tips #5 Bawa pakaian secukupnya saja. Bawa obat-obatan pribadi kalau punya. Paspor dan uang saku jangan lupa. Kalau bisa, paspor difoto  dimasukkan email dan di foto kopi. Untuk jaga-jaga aja sih kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, tapi semoga selalu dilancarkan. Oiya, jangan lupa bawa colokan charger. Di sana kebanyakan colokan chargernya lubang tiga, jadi ya bawalah charger universal.

Sekian dulu, part 1 tips ngirit mbolang ke Kuala lumpur. Kita ngapain aja di sana akan dijelaskan pada part selanjutnya. See yaaaa :)

No comments:

Post a Comment