Sunday, July 5, 2015

Membuat Video Stop Motion



Hai. Hai. Hai. Apa kabar? Masih tahan puasanyaa? :)

Kali ini aku mau bahas tentang video stop motion. Itu tuh, yang lagi ngehits banget sekarang sama kalangan anak muda #CieGitu. Jadi, video ini teknisnya membuat suatu objek bisa bergerak sendiri, bisa juga kumpulan beberapa foto yang dimainkan secara berurutan  sehingga menciptakan ilusi gerakan. 

Awalnya sih coba-coba bikin stopmo pake hape. Aku menggunakan aplikasi lapse it pro. Aplikasinya lumayan bagus buat bikin stop motion. Tapi, kelemahannya, gak bisa nyinkronin antara lama frame sama musiknya, jadi otomatis gitu di set berapa frame per second (Fps).  Aplikasi lainnya yang patut dicoba yaitu vivavideo dan video editor. Semua aplikasi itu bisa diunduh di Playstore. Ada versi free dan pro, bedanya cuma di iklan sama caption saja sih.

video
 pake lapse it

video
 pake viva video digabung lapse it pro

Nah, tadi iseng-iseng bikin stopmotion via pc. Aku awalnya bikin gambar-gambar dulu di Adobe Photoshop. Setelah itu, digabungin sama musiknya via Adobe Premiere. And the problem for me as the beginner is, exportnya gak bisa langsung format .mp4 harus .avi ato .flv dulu. Duh, bingung deh, gak bisa langsung diliat di hp, gak support masalahnya. Gimana dongs? 
cuplikan foto dari video stopmotion

Setelah browsing, tidur, stalking, akhirnya nemu aplikasi Format Factory. Aplikasi ini free alias gratis. Kurang indah apalagi coba dunia ini. Hahaha. Setelah di export, akhirnya bisa langsung di share dong ya di IG #langsungPamer #biarin. Hahaha.
video
 pake adobe photoshop + adobe premiere + format factory

Jadi, stopmotion bisa jadi salah satu alternatif bila kamu kangen pacar tapi gak bisa ketemu mengisi waktu luangmu secara lebih kreatif dong ya. Yakali, daripada bosen gak ada yang ngajakin keluar bengong di kosan, yekaan. Cheeers :)

No comments:

Post a Comment