Friday, February 20, 2015

Menelusuri Eksotisnya Pantai di Aceh

Berjalan di pasir pantai, merasakan sepoi angin yang semilir, melihat jernihnya air pantai, sambil mendengar syahdunya debur ombak. It seems like dreams comes true to me. 

Indonesia merupakan surganya pemandangan eksotik di dunia. Ungkapan itu tentu tak berlebihan. Buktinya, banyak sekali tempat-tempat menarik yang sayang bila tidak dikunjungi. Kali ini, saya menjejakkan kaki di Aceh untuk menjelajahi pantainya. Yap, pantai di Aceh menawarkan sejuta pesonanya sendiri. Pemandangan yang disuguhkan pun tak kalah dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. 

Aceh. Provinsi yang terkenal dengan sebutan serambi mekah ini, memiliki banyak pantai yang menawan. Salah satunya yaitu Pantai Gapang. Apabila kamu akan menuju Pulau Weh, lokasi tugu nol kilometer, kamu akan melewati pantai yang menawan ini. Kalau mau menuju Pulau Weh, kita bisa menyeberang melalui Pelabuhan Ulee Lheue, Sabang, menggunakan kapal boat, bisa memilih antara kapal cepat atau kapal lambat. Untuk tarifnya, cukup terjangkau. Tersedia tiket mulai dari tiket ekonomi sampai tiket eksekutif. Untuk tarif tiket bisa di cek di sini


Sunrise dari Ujung Barat Indonesia

Pemandangan di pagi hari di Pelabuhan Ulee Lheue, Sabang


Pantai Gapang - Pulau Weh
Pelabuhan Balohan - Pulau Weh
Pantai selanjutnya yaitu Pantai Anoi Hitam. Disebut demikian, karena pantai ini mempunyai pasir berwarna hitam. Hal ini dikarenakan pasirnya mengandung nikel yang tinggi dalam komposisi mineral penyusunnya. Selanjutnya saya melanjutkan perjalanan ke tugu nol kilometer. Namun sayang, sewaktu kesana, tugu nya masih proses renovasi. 
Pantai Anoi Hitam - Pulau Weh
Pantai Anoi Hitam - Pulau Weh
Perjalanan selanjutnya yaitu menuju Pantai Iboih. Pantai ini tak kalah menawannya dibanding pantai yang lain. Airnya yang jernih sangat cocok untuk dijadikan spot diving. Kita bisa menyewa perahu dan peralatan diving yang dijajakan masyarakat sekitar pantai tersebut. Tak lengkap rasanya bila tidak mampir sekalian ke Pulau Rubiah.
Pantai Iboih - Pulau Weh

Jernihnya Pantai Iboih
Pulau Rubiah merupakan pulau tak berpenghuni dan namanya berasal dari nama seorang perempuan yang bernama Cut Nyak Rubiah yang makamnya dapat ditemukan di pulau tersebut. Selain itu, terdapat benteng pertahanan serdadu Belanda dan Jepang pada masa perang dunia II. Pulau Rubiah dikenal juga dengan surganya biota laut. Apabila kita menyewa kapal dari Pantai Iboih, di dalam kapal itu disediakan kotak kaca yang memungkinkan pengunjung melihat pemandangan bawah laut lebih jelas. 
Pantai Iboih dari Pulau Rubiah
Asyik bukan? :-)

No comments:

Post a Comment