Tuesday, September 30, 2014

Wajah Indonesia dalam Museum Nasional


Apa sih yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar kata museum? Kuno? Bau Aneh? Sumpek? Gelap? Kalau dulu aku juga kepikiran seperti itu. Tapi semua berubah sejak negara api menyerang berkunjung ke Museum Nasional di Jakarta Bulan Kemaren. Ingin tahu seperti apa? Let the pictures tell everything. :)


Menurut kalian, gambar di atas aku foto di mana hayoo? Bukan. Bukan bagian dalam pusat perbelanjaan. Bukan kantor juga. Ini adalah bagian dalam rumahku Museum Nasional. Iya, kalian gak salah lihat. Bangunan Museum Nasional sudah menganut modernisasi. Koleksi di ruangan tertata rapi dan bagus aja. Keren. Banget.
Levitasi-to be di Museum
Museum Nasional sering mengadakan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan museum itu sendiri. Salah satu kegiatan yang diadakan tercantum pada spanduk tersebut di atas.  Kamu juga bisa mengikuti apa yang akan diadakan museum dengan melihat di website museum nasional maupun twitternya.

Salah satu bagian dalam museum.
Museum tampak depan

Bagian depan museum

Patung-patung peninggalan zaman dahulu

Bagian tengah museum

Coba tebak, dari manakah asal koleksi di atas?

1 set gamelan lengkap

Bagian dalam museum

Boneka dari mana ini, hayooo? :)

Peta Indonesia beserta foto pahlawan bangsa *anggap aja saya tidak ada :p
Museum Nasional juga dilengkapi berbagai peralatan penunjang yang memudahkan pengunjung dalam memahami koleksi yang dipajang. Peralatan tersebut berupa kertas yang berisi keterangan koleksi dengan beberapa bahasa, prasasti yang berisi keterangan tersebut, bahkan kalau kita ingin melihat keseluruhan koleksi tanpa muter-muter pun kita bisa menggunakan komputer katalog seperti yang di bawah. Keren kan?

Keterangan masing-masing koleksi terdiri dari beberapa bahasa

Komputer katalog koleksi. Touch screen loh :)

Mejeng dulu di poster museum :)

Miniatur Rumah Adat Daerah di Indonesia

Lemari Perhiasan Daerah. Beautiful :)

I want thiiis :)

Jadi, kamu berminat ke sana? Museum ini buka dari hari Selasa sampai Jumat pukul 08.00 sampai 16.00. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Jadi, hari Senin dan hari besar Nasional, tutup. Biaya masuk juga cukup murah kok, kemaren aku bayar 5 ribu aja per orangnya. Worth it kan ya. Pergi ke museum bisa jadi salah satu alternatif liburan yang murah meriah, namun juga bisa menambah wawasan tentang kekayaan budaya Indonesia. Jadi, kapan giliranmu? :)

No comments:

Post a Comment